Setelah Si Harimau yang Agresif (Baca artikel: Kenali Konsumen Anda (1) Si Harimau Agresif), Si Merak yang Supel (Baca artikel: Kenali Konsumen Anda (2) Si Merak yang Supel), karakter konsumen lainnya adalah Si Panda Pendiam.
Kepribadian Panda yang lembut ini biasanya lebih mendahulukan kepentingan kelompok atau rekan kerjanya dibandingkan prestasi kerja pribadi. Mereka terkesan sangat pendiam jika dibandingkan dengan karakter konsumen lainnya sehingga sangat sulit untuk "dibaca". Selain itu, konsumen Panda dikenal dengan sifatnya yang suka menunda keputusan terutama dalam hal pembelian.
Bukan hal yang mudah bagi Panda untuk membuat perubahan-perubahan dalam hidupnya karena bagi Panda keteraturan dan keamanan sangatlah penting untuk terus dipertahankan. Mereka juga seringkali mempertimbangkan faktor kepentingan kelompok atau organisasi.
Untuk menangani konsumen dengan karakter Panda, presentasi penjualan harus dilakukan secara bertahap dan selalu fokus pada solusi untuk kepentingan kelompok atau organisasi mereka. Penting juga untuk mengurangi faktor resiko yang bisa menghambat proses pengambilan keputusan Panda.
Sumber: www.dexton.adexindo.com